Jumat, 21 Januari 2011

PENGKAJIAN ASUHAN KEPERAWATAN BAB & BAK


Tujuan
Mengetahuai keluhan pasien secara menyeluruh, baik secara aktual, resiko dan potensial yang akan terjadi pada pasien yang akan diperiksa.

Teknik Wawancara atau Anamese Meliputi :
a.       Identitas diri
F Selamat pagi bapak benar dengan bapak  Sudarwanto....?
F Saya Irfankhan bapak..
F Iya bapak kebetulan saya perawat yang bertugas pada pagi ini...?
F Bagaimana bapak istirahatnya semalam...?
F Saya akan memeriksa terkait dengan keluhan bapak dan minta   waktunya sebentar sekitar 10 menit bagaimana bapak bersedia...?
F Bapak ketika saya bertanya tentang keluhan bapak, bapak jawab dengan jujur ya pak..?

b.      Keluhan utama
F Ketika bapak buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) apakah rutin setiap pagi pak..?
F Ketika bapak buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) bagian perut bapak mengalami sakit atau nyeri pak..?
F Bapak.. apakah ketika buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) anus bapak terasa sakit atau nyeri pak..?
F Bapak biasanyan bagian perut yang sebelah mana yang sakit..?
F Selama bapak buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) lama atau tidak pak..?
c.       Riwayat penyakit
F Terkait dengan keluhan bapak, apakah orang tua bapak dahulu pernah mengalami hal seperti yang bapak alami sekarang ini..?

d.      Topik atau bahasaan terkait
F Terkait dengan keluhan bapak, apakah bapak sering mengalami kesulitan buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) pak..?
F Ketika bapak merasakan akan buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) apa terasa sakit pak..?

Terimah kasih ya pak, atas waktunya. Berkitan dengan hasil pemeriksaan saya tadi, bapak tidak mengalami kelainan. Trimah kasih atas kerjasamanya. Saya tinggal dulu ya pak. Saya akan memeriksa pasien yang lainnya. Satu jam lagi saya akan kembali lagi uantuk memeriksa bapak. Trimah kasih ya bapak selamat istirahat,  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

blogger by Febtaris Nursuparyanto | Make Money Online