Minggu, 25 September 2011

PENGEMBANGAN DIRI

Bagi mahasiswa yang tidak terlalu sibuk dengan kegiatan kampus bisa memanfaatkan banyak waktu luang disela-sela kuliah dengan mencari pekerjaan sambilan. Pekerjaan sambilan akan sangat banyak manfaatnya buat mahasiswa baik itu pada saat masih kuliah ataupun ketika sudah lulus karena selain tentunya ada insentif yang didapat juga sekaligus ajang mencari pengalaman kerja, menambah wawasan dan keberanian juga bisa menambah relasi.

Dari hasil survei ke teman-teman di sebuah forum ternyata ada banyak pekerjaan sambilan yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa yang diantaranya pernah saya alami sendiri. Berikut beberapa perkerjaan sambilan itu :

Jadi guru Les / Privat
Waktunya fleksibel, bisa dilakukan di luar jam kuliah. Selain ada input keuangan juga bisa sekalian menajamkan kemampuan plus bisa jadi pengalaman untuk bisa mengajar dengan baik kelak paling tidak untuk adik-adik kita atau bahkan anak-anak kita(tidak lupa dengan pelajaran).

Kasir bazaar
Dilakukannya hanya pada saat tertentu saja. Selain dapat insentif tentu juga belajar tanggung jawab karena jadi kasir akan dimintakan laporan.

MLM
Di MLM kerjaan tergantung kemaun kita tapi tentu saja hasilnya juga akan sesuai dengan usaha kita. Di MLM juga banyak pengetahuan yang diberikan seperti bagaimana jadi marketting yang baik juga banyak diberikan motivasi.

Pengajar Bimbel
Sedikit beda dengan pengajar privat karena menjadi pengajar bimbel kita menjadi seorang karyawan dari sebuah Lembaga.

Jualan
Berjualan bisa dari modal sendiri atau enjual barang orang lain. Barang yang dijual bisa beracam-macam mulai dari buku-buku, pulsa, pakaian atau bahkan makanan. Saya sendiri selama kuliah juga sambil jualan makanan di kos pendapatannya alhamdulillah bisa buat jajan.

Kerja di Restoran Fast Food
Kerja di restoran fast food juga lumayan, siapa tahu nanti setelah lulus bisa jadi manajer di tempat kita kerja itu.

Model Freelance
Pengalaman teman yang jadi model freelance sekarang bisa jadi model yang lumayan top dan bisa muncul di acara TV. Tapi memang jadi model banyak madhorotnya soalnya kita harus mau menurut apa yang dikatakan agency tempat kita ikutan. Teman saya pernah harus mengenakan CD saja dan berjalan berlenggak-lenggok di atas cat walk (teman saya laki-laki).

Jaga Perpustakaan
Ini jelas sangat bermanfaat karena kita juga bisa sekalian memperdalam ilmu. Bahkan kita bisa jadi orang pertama yang membaca atau meminjam buku terbaru.

Ikutan TIM Proyek
Kalo yang ini memang membutuhkan keahlian khusus karena untuk ikut menjadi sebuah tim proyek berarti harus ada sesuatu yang kita sumbangkan ke tim itu. Contoh proyek yang saya tahu adalah proyek pembuatan warnet atau memasang jaringan LAN.

Operator Warnet
Pengalaman pribadi menjadi OP warnet banyak sekali kegunaannya karena bisa akses internet gratis, dapat uang juga bisa meningkatkan skill karena biasanya suka ada proyek-proyek sampingan atau tukar ilmu dengan sesama OP.

Ikutan Valas
Kerjanya santai tapi emang butuh modal dan harus sering online di internet.

Asisten Dosen
Manfaatnya selain menjadi langkah awal untuk bisa menjadi dosen juga bisa untuk mengulang kembali pelajaran plus juga bisa jadi cari perhatiaan dari adik-adik angkatan. hehheheh

Operator Parkir Kampus
Lumayan bisa sambil cari perhatian dan bisa jadi terkenal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

blogger by Febtaris Nursuparyanto | Make Money Online